6 Ciri Penyakit Lupus yang Harus Wanita Ketahui

6 Ciri Penyakit Lupus yang Harus Wanita Ketahui - Dari banyak kasus mengenai penyakit lupus membuktikan bahwa wanita cenderung lebih mudah terserang lupus ketimbang pria. Penyakit lupus ini belum diketahui sebabnya secara pasti dan beberapa ahli kesehatan pun beranggapan bahwa lupus ini disebabkan dari senyawa genetik dan jug lingkungan. Akan tetapi penyakit lupus sampai dengan saat ini pun masih menjadi misteri. Dan tentu saja hal tersebut sangat sulit terdiagnosa dikarenakan  penyakit ini terkadang mirip dengan jenis penyakit lainnya. Makanya dengan alasan inilah mengapa lupus sering dikenal dengan penyakit seribu wajah. Penyakit lupus ini bisa juga menyebar diseluruh bagian tubuh kita yang menjadikan penyakit ini memang tergolong unik daripada jenis penyakit lain pada umumnya. Dan jika diantara anda ingin mengetahui tentang ciri-ciri penyakit lupus, berikut ini akan kami berikan beberapa macam tanda-tanda dari penyakit lupus.

Ciri Penyakit Lupus yang Harus Wanita Ketahui
Ciri Penyakit Lupus yang Harus Wanita Ketahui

6 Ciri Penyakit Lupus yang Harus Wanita Ketahui.

  1. Ruam yang Muncul Diwajah.

Ruam kulit atau bintik merah diawajah ini berlangsung pada waktu penderita lupus terpapar oleh sinar matahari. Umumnya ruam tersebut dikenal dengan nama ruam kupu-kupu dan seringkali ruam ini berbentuk memanjang pada daerah sekitar wajah.

  1. Rambut Mudah Rontok.

Anda harus waspada juka rambut anda rontok secara berlebihan dikarenakan lupus bisa mengakibatkan anda kehilangan mahkota kepala atau kebotakan.Rambut rontok menandakan bahwa ada gejala klasik dari hipotiroidisme. Selain itu perhatikanlah kepala anda, jika terjadi luka segeralah melakukan pemeriksaan tiroid.

  1. Nyeri Pada Sendi.

Terkadang kita mengalami rasa kaku serta pembengkakan sendi, inilah ciri umum dari penyakit lupus tersebut. Kemudian gejala lain yang juga sering terjadi yakni terlihat di daerah jemari dan pergelangan tangan. Tanda tersebut juga terkadang mengherankan sebab gejalanya hampir menyerupai dengan gejala penyakit rheumatoid arthritis. Kemudian perbedaan lain pada kedua penyakit ini yaitu jika lupus menyerang sendi disatu bagian tubuh, sementara rheumatoid arthritis menyerang pada beberapa bagian tubuh. Tak hanya itu, pembengkakan juga bisa muncul dan hilang, yang lain halnya dengan rheumatoid arthritis, yang umumnya malah menjadi semakin parah.

  1. Dada Terasa Nyeri.

Penyakit lupus ini akan menyebabkan sakit di bagian dada terutama saat mengambil napas dalam, hal ini terjadi karena adanya cairan di paru - paru. Lupus juga mengakibatkan kerusakan pada lapisan luar dan lapisan dalam jantung dan berdampak pada penyakit jantung, dampak lain juga aliran darah terganggu serta nafas menjadi sesak dan nyeri pada dada akan sangat menyiksa.

  1. Terlalu Lelah.

Bekerja terlalu berat juga akan berakibat kurang baik bagi tubuh, penyakit lupuspun bisa terjadi jika hal itu terus berlanjut dan sering kita mengalami anemia dan badan sering merasa lemas serta lelah, selain penyakit lupus ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan badan cepat lelah misalnya akibat ginjal yang kurang sehat dan terutama  jika jantung mengalami masalah.

  1. Buang Air Kecil Bercampur Darah.

Persoalan ginjal merupakan tanda lain dari gejala lupus dan  pada umumnya bisa berlangsung terus menerus yang diakibatkan penyakit lupus tersebut. Karena kejadiannya jika orang tersebut mengalami kerusakan ginjal yang dan hingga pada akhirnya menjadi semakin buruk.

Ciri Penyakit Lupus yang Harus Wanita Ketahui
Ciri Penyakit Lupus yang Harus Wanita Ketahui

Untuk pencegahan diri kita dari serangan lupus maka hendaklah kita selalu menjaga kesehatan kita, seimbangkan asupan makanan kita setiap hari agar badan kita dapat melawan berbagai ancaman yang membahayakan tubuh.