7 Cara Mengetahui Masalah yang Terjadi Pada Tubuh Kita

7 Cara Mengetahui Masalah yang Terjadi Pada Tubuh Kita - Munculnya sebuah penyakit dapat kita rasakan dari perubahan suhu yang membuat orang tersebut merasa lesu. Akan tetapi timbulnya penyakit tidak cuma karena adanya gejala tersebut. Banyak hal yang bisa kita rasakan untuk mengetahui bahwa tubuh kita sedang mengalami beberapa masalah, contoh yang sederhana misalnya anda mengalami kerontokan rambut, mata panda, ataupun bibir kering dan pecah-pecah. munculnya gejala ini memang sekilas tidak terlihat serius, tapi anda tidak lantas meremehkannya karena mungkin saja ini merupakan sebuah tanda jika tubuh anda sedang mengalami suatu masalah. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Cara Mengetahui Masalah yang Terjadi Pada Tubuh Kita
Cara Mengetahui Masalah yang Terjadi Pada Tubuh Kita

  1. Susah Buang Air Besar.

Ketika kita kesulitan buang air besar atau sembelit tentunya sangat menyiksa karena perut terasa penuh dan begah hal tersebut rentan terjadi disaat tubuh kekurangan serat dan air. Maka dari itu kita selalu disarankan untuk mengkonsumsiĀ  makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayur, guna memperlancar sistem pencernaan kita.

  1. Bagian Pinggang Bertambah Lebar.

Pada umumnya lingkar pinggang seorang wanita memiliki ukuran sekitar 80 cm, sedangkan pria sekitar 90 cm. Jika suatu hari anda mendapati pinggang anda bertambah lebar, serta berat badan bertambah maka anda perlu waspada karena hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa anda terkena diabetes. Jika peningkatan badan terjadi terus menerus akan berdampak pada masalah kesehatan anda, misalnya sering kelelahan dan sulit berkonsentrasi, yang lama kelamaan menjadi masalah serius yaitu terganggunya penglihatan dan gangguan sirkulasi darah.

  1. Adanya titik kekuningan disekitar mata dan siku.

Anda perlu mengetahui jika disekitar mata atau siku ada titik kekuningan maka anda perlu melakukan tes darah guna mengecek kadar kolesterol anda karena titik kekuningan tersebut merupakan tanda bahwa adanya deposit lemak dibawah kulit, kondisi ini sering disebut juga dengan xanthelasma. Jika kadar kolesterol meningkat maka anda beresiko terkena serangan jantung atau stroke.

  1. Bagian Bawah Mata Terdapat Lingkaran Hitam.

Pada saat kita kurang istirahat malam, lingkaran hitam dibawah mata akan terlihat jelas. Mungkin banyak orang yang mengganggap ini merupakan masalah kecil. Namun alangkah baiknya jika kita mencari penyebabnya, karena mata panda bukan hanya tanda bahwa kita kurang tidur. Tetapi bisa jadi itu merupakan adanya alergi, yang biasanya disertai dengan mata gatal dan hidung berair.

  1. Bibir kering dan pecah - pecah.

Terkadang bibir kering dan pecah - pecah dianggap hal biasa yang tak pernah dipikirkan secara serius, padahal itu merupakan sinyal bahwa dalam tubuh anda memerlukan banyak asupan vitamin B serta zat besi. Konsumsilah sayuran hijau dan telur untuk mengatasinya.

  1. Kerontokan rambut.

Rambut yang tebal memang bisa jadi simbol rambut anda sehat dan ternutrisi dengan baik, namun ketika rambut anda lama kelamaan habis akibat rontok anda perlu mewaspadainya karena rambut yang rontok bisa menjadi tanda bahwa anda kekurangan zat besi atau masalah tiroid.

Masih banyak lagi tanda - tanda yang bisa kita dapati yang bisa kita jadikan alarm kewaspadaan, guna mencegah hal - hal yang tidak diinginkan karena mencegah itu lebih baik tentunya daripada mengobati.