Cara Membuat Ayam Kecap

Cara Membuat Ayam Kecap

Cara Membuat Ayam Kecap – Selamat malam teman-teman, apa khabar semua? Gua berharap semuanya pada berbahagia yach dan hari-harinya selalu ceria, jangan sampai seperti gua yang sedang terluka karena ditinggal sang bidadari tanpa sayap. Wakakakaka maaf gua jadi curhat, akan tetapi ini ada benarnya, sebenarnya gua masak ayam kecap ini untuk mengisi hari-hari kesendiriannya gua dan juga karena ayam kecap ini adalah makanan kesukaannya. Sejak gua ditinggal pergi oleh sang bidadari tanpa sayap, kehidupan gua hampa, tak berwarna, gua mati, hanya fisik gua yang terlihat hidup namun rasa dan jiwa ini telah mati sejak kepergiannya, di saat itulah gua merasa bagaikan mayat hidup, gua kehilangan arah dan tujuan, semua semangat, senyuman dan keceriaan telah ia bawa pergi bersamanya. Karena gua penuh dengan kebingungan, gua teringat ketika masih bersamanya, gua sering masak ayam kecap dan membawakan untuknya. Jadi, setiap gua ingat dengannya maka gua selalu buat ayam kecap dengan penuh khayalan. Gua berkhayal sedang masak bareng dengannya dan makan bersamanya dengan penuh canda tawa dan keceriaan yang terukir di wajah kami, walaupun gua yakin ini hanya mimpi yang mungkin takkan pernah terjadi dalam kenyataan.

Sorry jika gua terlalu banyak curhat dan setiap artikel gua selalu ada cerita tentang dia, ini karena gua masih kepikiran terus ama dia, entah kenapa hidup gua ga tenang tanpa dia, ga lengkap rasanya kehidupan ini tanpa keberadaannya. Gua kangen banget kebersamaan dengannya, dia selalu hadir di setiap angan dan langkah gua, dia menghantui hidup gua, makanya setiap artikel gua selalu ada tentangnya.

Okey, back to topic, yaitu cara membuat ayam kecap yang gua beri nama ayam kecap cikas. Sedikit info kata-kata cikas ini adalah kata-kata ciptaan kami berdua ketika kami masih bersama, ketika kami masih mengarungi hidup ini bersama. Kami menciptakan cikas ini di suatu taman nan indah, di malam hari nan sejuk yang diterangi oleh bintang-bintang indah di langit atas.

A. Bahan

Tentunya sebelum kita membuat sesuatu pastinya kita terlebih dahulu mempersiapkan bahan dan kebutuhan yang akan digunakan dalam membuatnya, sama halnya dalam membuat ayam kecap cikas ini, berikut bahan-bahan yang kita butuhkan :

1. Daging ayam secukupnya sesuai kebutuhan,

2. Cabe merah diiris tipis,

3. Bawang merah iris secukupnya,

4. Bawang putih iris secukupnya,

5. Lada / merica,

6. Bunga lawang,

7. Kulit manis,

8. Kemiri,

9. Bawang bombay,

10. Tepung mazena,

11. Royco,

12. Sasa,

13. hmmm lupa gua namanya, jika sudah ingat akan diupdate, bentuknya kecil dan seperti bintang

 

B. Cara Masak

Nah setelah bahan-bahan yang diperlukan sudah siap semua, sekarang kita masuk ke tahap selanjutnya yaitu memasak.

1. Sebelumnya silahkan bersihkan ayam, lalu kasih garam, gilingan bawang putih dan jahe lalu aduk hingga rata, setelah itu diamkan sejenak kurang lebih 15 menit,

2. Goreng ayam hingga kuning keemasan,

3. Goreng irisan bawang merah dan putih hingga kuning ke emasan, kemudian masukan bumbu yang tadi sudah dihaluskan dan tumis hingga harum,

4. Tambahkan daun salam, cabe iris, kayu manis, lengkuas yang sudah dipipihkan, bunga lawang, lada/merica,

5. Setelah itu tambahkan air sedikit agar bumbu tadi tidak hangus,

6. Masukan kecap manis dan kemudian tambahkan air sesuai selera (yang nanti akan menjadi kuah ayam kecap),

7. Tunggu hingga mendidih lalu masukan ayam yang tadi sudah kita goreng dan aduk hingga rata,

8. Sambil menunggu cairkan tepung mezena dengan air secukupnya,

9. Lalu tambahkan penyedap (sasa dan royco) ke dalam ayam yang sudah masuk dalam wajan,

10. Sambil diaduk, masukan tepung mezena yang tadi sudah kita cairkan,

11. Masukan irisan bawang bombay,

12. Aduk hingga rata,

13. Jika dirasa sudah mateng, silahkan angkat dari kompor dan siap disajikan.

Demikian tutorial cara memasak ayam kecap cikas dari chef andr3 reborn, selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika belum berhasil ayok masak bersama kita.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.