Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin - Tahap selanjutnya yaitu integrasi billing whmcs ke panel virtualmin. Sebagaimana kita ketahui saat ini WHMCS adalah salah satu billing populer karena kemudahan dan fitur yang lengkap. Pada kesempatan ini kita akan membahas hal ini sebagai referensi buat teman-teman jika ada yang ingin menggunakan virtualmin sebagai salah satu panel untuk layanan shared hostingnya.

Secara default WHMCS sudah menyediakan module standard untuk komunikasi ke panel virtualmin jadi kita bisa memanfaatkan module tersebut. Langkahnya cukup mudah dan berikut tahapannya :

A. Persiapan di sisi Virtualmin

0. Create Account Plans
Terlebih dahulu kita perlu add plan di sisi virtualmin, ini merupakan paket account hosting yang nantinya akan dipergunakan. Caranya login ke panel virtualmin anda, pilih dan click tab menu Virtualmin------>>System Settings---->>Account Plans--->>Pilih dan click tombol "Add a new account plan"  kemudian silahkan isi sesuai kebutuhan anda:

Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

Jika sudah disesuaikan semuanya, saatnya pilih dan click tombol create.

1. Create Server Templates

Ini tergantung kebutuhan anda jika anda ingin menggunakan 1 template saja boleh diskip, namun jika anda ingin menggunakan beda-beda template dengan point yang berbeda-beda boleh juga.
Di sini saya akan mencoba buat satu template dengan mengcopy dari yang default sisahnya tinggal edit saja point yang ada sesuai kebutuhan. Sekarang kita membuat Server Templates dengan cara sebagai berikut ini :
Login ke panel virtualmin anda, pilih dan click tab menu Virtualmin------>>System Settings---->>Server Templates--->>Pilih dan click tombol "Create a template from the default settings" dan untuk penamaan templatenya bisa di sesuaikan, di sini saya membuat namanya Coba-123:
Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

B. Di sisi WHMCS

Tahap selanjutnya yaitu proses create server dan prodcust di sisi billing WHMCSnya untuk bisa muncul di proses order.

0. Create Server
Pertama kita buat dulu servernya dengan cara : Login ke WHMCS anda kemudian masuk ke menu Setup---->>Products/Services---->>Servers seperti gambar berikut ini :

Setelah itu isi beberapa point yang dibutuhkan:

Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

Jika sudah maka selanjutnya pilih dan click tombol Save Changes

1. Create Group Server
Selanjutnya kita membuat group server dengan cara : masuk ke menu Setup---->>Products/Services---->>Servers setelah itu pilih dan click "Create New group". Untuk penamaan group sesuaikan dengan kebutuhan, kemudian server yang di sebelah kiri yang telah kita add sebelumnya click dan pindahin ke kanan lalu click tombol Save Changes.

Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

Coba test click tombol "Login to Control Panel" jika berhasil login ke virtualmin anda maka semuanya berjalan dengan baik.

2. Create Product

Selanjutnya kita create product agar bisa diorder, dengan cara masuk ke menu Setup---->>Products/Services---->>Products/Services
Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

Pilih dan click tombol "Create a new Product":
Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

Kemudian silahkan isi sesuai kebutuhan anda
Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

Yang terpenting di bagian Module Settings :

Moduel Name : pilih virtualmin
Server Group : pilih server group virtualmin yang tadi kita buat
Template Name : isi nama template yang tadi kita buat (pastikan template namenya ada di sisi panel virtualmin)
Plan Name : isi nama plan yang tadi sudah kita buat (pastikan plan name yang diisi ada di sisi panel virtualmin)

Sisahnya sesuaikan dengan kebutuhan anda, kemudian pilih dan click tombol Save ChangesIntegrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

Noted : Secara default email welcome product atau email pemberitahuan jika product yang sudah kita order berhasil dan diberi informasi akses ke server yang akan dikirim ke client/user, ini umumnya akan menggunakan port cPanel 2082, nah sangat disarankan untuk membuat email template khusus untuk virtualmin ini boleh disamakan dengan yang default palingan diedit portnya saja, ganti port 2082 ke 10000. Terkait email template di WHMCS bisa merujuk ke sini https://docs.whmcs.com/Email_Templates

3. Testing

Tahap selanjutnya coba test order product yang telah dicreate tadi sebagai user dan pastikan semua berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

Setelah accept order dan payment paid, coba masuk ke sisi panel virtualminnya seharusnya product yang tadinya kita order akan terbentuk :

Integrasi WHMCS ke Panel Virtualmin

Demikian tutorial singkat terkait integrasi billing WHMCS dan panel virtualmin, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam sukses untuk kita semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.