Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Komponen Komputer Beserta Fungsinya
Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Komponen Komputer - merupakan bagian hardware yang ada di dalam komputer itu sendiri. Ketika anda menggunakan komputer baik yang desktop maupun laptop, mungkin anda belum mengenal dengan baik komponen-komponen yang ada di dalam serta diluar dan bagaimana semua itu bekerja. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai komponen hardware komputer yang terdapat pada sebuah PC/laptop. Komponen komputer ada dua bagian, yaitu komponen utama dan komponen tambahan /peripheral. Komponen utama harus ada agar sebuah komputer bisa difungsikan dengan baik. Sedangkan yang komponen tambahan, biasa disebut sebagai peripheral, sifatnya sebagai pelengkap saja atau untuk menambahkan fungsi-fungsi tertentu dari sebuah komputer.

Komponen Komputer Beserta Fungsinya

CPU (central processing unit) merupakan bagian inti dari sebuah komputer. Disebut dengan otak komputer dan biasanya mempunyai bentuk berupa kotak persegi panjang.

Berikut komponen utama sebuah komputer dan fungsi-fungsinya :

1. Motherboard, adalah tempat menancapkan atau memasangkan setiap komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, power supply, memory, mouse, keyboard dan komponen lainnya. Fungsinya adalah menghubungkan setiap komponen, agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain sehingga dapat berkerja sesuai dengan fungsi masing-masing komponen.

Komponen Komputer Beserta Fungsinya
Berikut keterangannya :

1. Socket Processor, tempat untuk memasang processor,
2. Baterai CMOS, CMOS untuk BIOS, BIOS ini berfungsi untuk memperkenalkan setiap hadware yang kita pasangkan ke motherboard agar bisa dikenal dan berfungsi dengan baik,
3. Slot untuk RAM (memory) DDR3,
4. 24 pin ATX power connector, ini berfungsi untuk mengalirkan arus dari power supply ke motherboard,
5. Slot PCI-e (PCI Express), ini berfungsi untuk memasang perangkat tambahan yang berslot PCI-e, misalnya VGA Card, LAN Card
6. Slot PCI, ini berfungsi untuk memasang perangkat tambahan yang berslot PCI, misalnya VGA Card, LAN Card,
7. Port PS/2, untuk slot memasang perangkat yang menggunakan port PS/2 misalnya keyboard atau mouse, dan lainnya,
8. Serial port, Untuk slot memasang perangkat yang menggunakan serial port,
9. VGA onboard,
10. Paralel port, Untuk slot memasang perangkat yang menggunakan paralel port,
11. P4 power connector
12. USB port, slot untuk memasang hardware tambahan yang menggunakan USB port,
13. LAN card Onboard, untuk koneksi kejaringan,
14. Sound Card Onboard,
15. Sata port, slot untuk memasang hardware tambahan yang menggunakan SATA, misalnya harddisk SATA, CD/DVD room SATA, dan lain-lain
16. PIN Group,

2. Processor, ini diibaratkan seperti otak manusia, yang berfungsi untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan dan atau perintah yang diberikan. Sebuah processor mempunya type yang berbeda-beda dan jenis socket processor, untuk socket processor silahkan disesuaikan dengan spek motherboard yang kita punya.

Komponen Komputer Beserta Fungsinya

3. RAM (Random Access Memory) atau yang lebih dikenal dengan nama memory, berfungsi untuk menyimpan data sementara dan menampilkannya dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random namun akan hilang ketika komputer dimatikan.

Komponen Komputer Beserta Fungsinya

4. VGA Card, berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor,

Komponen Komputer Beserta Fungsinya

5. Hard Disk, berfungsi untuk menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk, maka semakin banyak data yang bisa disimpan. Beberapa type hard disk yaitu IDE, SATA, SAS, SSHD, SSD, yang membedakan setiap type hard disk ini yaitu slot dan teknologynya (kemampuan dari fungsi hard disk tersebut)

Komponen Komputer Beserta Fungsinya

6. Power Supply, berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya sehingga setiap komponen bisa saling terhubung dan berfungsi dengan baik. Ibaratnya jika di manusia, ini adalah roh/darahnya, tanpa power supply sebuah komputer tidak akan bisa hidup.

Komponen Komputer Beserta Fungsinya

7. Keyboard, merupakan suatu alat yang biasanya diletakkan di depan layar komputer dan fungsinya sebagai penginputan data dari luar denganĀ  cara diketikkan (menekan tombol) pada keyboard. Jenis-jenis keyboard ada dibedakan beberapa jenis sesuai dengan portnya, misalnya keyboard dengan USB port PS/2 port dan juga ada yang menggunakan wireless(USB wireless).

Komponen Komputer Beserta Fungsinya

8. Mouse, berfungi untuk mengarahkan pointer pada layar monitor komputer. Dengan keberadaan mouse maka akan memudahkan kita untuk mengatur posisi pointer sesuai dengan keinginan kita dengan cepat. Jenis-jenis mouse ada dibedakan beberapa jenis juga sesuai dengan portnya, misalnya keyboard dengan USB port, PS/2 port dan juga ada yang menggunakan wireless(USB wireless).

Komponen Komputer Beserta Fungsinya

9. Monitor, berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari VGA/video card.

Komponen Komputer Beserta Fungsinya

10. Optical Disc Drive, berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray yang berfungsi untuk menyimpan dan membaca data dalam sebuah kepingan CD/DVD.

Komponen Komputer Beserta Fungsinya

11. Sound Card, sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan ouput suara dan menyediakan port-port inputan dan outputan. Sound card biasanya telah disediakan secara onboard di motherboard-motherboard baru yang ada di pasaran saat ini, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli sebuah sound card.

Komponen Komputer Beserta Fungsinya

12. Casing, berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang digunakan.

Komponen Komputer Beserta Fungsinya