Pertumbuhan Kebutuhan Internet di Masyarakat

Pertumbuhan Kebutuhan Internet di Masyarakat

Pertumbuhan Kebutuhan Internet di masyarakat - Sebagian besar dari kita sudah bukan hal asing lagi mengenai jaringan internet. Hampir tiap hari tiap saat kita selalu terhubung dengan internet, baik itu akses sosial media, baca berita, cari sumber infomrasi, berkomunikasi dengan teman/rekan maupun partner kerja. Jadi, di zaman ini koneksi internet sudah merupakan salah satu kebutuhan.

Area Koneksi Internet

Dulu sekitaran tahun 2003 ke bawah, area yang terkoneksi internet belum begitu luas hanya di warnet (warung internet), tempat ini dulu merupakan tempat favorit bagi kaum remaja untuk menggunakan fasilitas internet untuk beselancar. Selain warnet, ada kantoran, hotel, public area seperti bandara dan untuk area sekolah sendiri masih terbatas. Kebutuhan yang diakses dan besaran content juga tidak sebanyak yang sekarang.

Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi dan dibarengi dengan pertumbuhan content maker yang semakin pesat hingga saat ini. Perkembangan yang sangat besar ini merubah internet yang dulunya hanya kebutuhan biasa menjadi kebutuhan utama. Area yang tercover dengan jaringan internet semakin meluas hingga ke rumah-rumah. Masyarakat tidak perlu lagi ke warnet untuk bisa berselancar di internet, mereka cukup memanfaatkan handphone genggam yang mereka miliki atau pergi ke tempat-tempat yang menyediakan layanan internet dengan media wifi seperti cafe atau numpung ke rumah teman yang sudah berlangganan internet dan atau cukup dengan bermodal 30an ribu sudah bisa membeli paket internet dan atau dengan berlangganan internet ke ISP terdekat untuk layanan rumahan.

Pertumbuhan content yang semakin meningkat, diberengi dengan perkembangan teknologi dengan pengembangan serta perluasan infrakstruktur jaringan hingga dengan murahnya untuk mendapatkan sebuah layanan internet. Merubah sebuah kebiasaan masyarakat yang menuju ke dunia digital. Kebutuhan akan koneksi internet dan content sudah merupakan kebutuhan utama. Hal ini dapat kita lihat dari aktifitas kita sehari-hari dan orang di sekitaran kita. Dan juga, dulu jika orang menginap di sebuah hotel atau penginapan, yang mereka cari tempat yang bagus, namun sekarang hal utama yang mereka tanyakan adalah apakah ada layanan internetnya dan apakah bagus, setiap mengadakan acara di ruang meeting pasti selalu mencari dan meminta layanan internet yang bagus dan tak kalah dengan permintaan penambahan bandwidth apa lagi jika menggunakan live streaming.

Kebutuhan Bandwidth

Dulu kebutuhan bandwidth tidak sebesar yang sekarang. Dulu content masih banyak yang static content dan malah ada yang hanya memanfaatkan html biasa saja, kualitas gambar dan video tidak sebaik sekarang sehingga ukurannya dan kebutuhan bandwidth untuk mengaksesnya tidak besar. Layanan chating atau instant messaging juga tidak sebanyak sekarang, dulu hanya ada MiRC dan YM dan satu lagi instant messaging dari microsoft namun sekarang semakin berlimpah, orang berlomba-lomba membuat instant messaging dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sosial media semakin berkembangan, content selalu update realtime dan menyebar. Content text, gambar dan video audio semakin berlimpah dan efeknya penggunaan bandwidth pun semakin besar. Dulu dengan memiliki bandwidth 64Kbps hingga 128Kbps saja sudah sesuatu hal yang luar biasa. Namun sekarang penggunaan bandwidth 5Mbps per orang hanyalah hal biasa. Hal ini terjadi karena content yang dinamis dan realtime, content yang diakses semakian banyak dan besar, content audio video dan gambar dan ini sudah merupakan kebutuhan. Penyedia content, content maker, pengakses content hingga penyedia layanan internet sambil berlomba untuk berkembang. Untuk mendukung kebutuhan dan kegiatan sehari-hari, di zaman ini sudah serba dibantu dengan layanan internet dan content. Contoh kecil, untuk berbelanja dan atau beli makanan dan atau berpergian dan atau say hello ke teman saja sudah menggunakan internet.

Peka Dengan Perkembangan Zaman

Dari hal di atas kita tidak bisa berdiam diri. Kita tidak bisa hanya berpuas diri dengan apa yang sudah kita jalani dan dapatkan. Kita tidak bisa mengunci diri dan bertahan dengan apa yang terlintas dibenak kita. Namun kita harus peka dan tumbuh berinovasi dengan perkembangan zaman dan perkembangan kebutuhan. Kita tidak bisa berpuas diri tanpa berinovasi. Kita harus membuka diri dan mengakui perkembangan zaman dan ikut terlibat di dalamnya. Ibarat kita lombar lari, kita harus lari sekencang mungkin seiring perkembangan teknologi jika tidak maka kita akan ketinggalan dan ditinggal. Dan ini semua adalah pilihan, tergantung kita memilih yang mana. Namun yang jelas kehidupan ini akan semakin berkembang dan menuju ke dunia digital dan teknologi dan tak terlepas dari koneksi.

Sekian sedikit sharing dari w terkait pertumbuhuan kebutuhan internet

andr3 reborn

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.