Topology Sederhana Koneksi Internet

Topology Sederhana Koneksi Internet

Topology Sederhana Koneksi Internet - Jika pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas tentang Pertumbuhan Kebutuhan Internet di Masyarakat, maka pada kesempatan ini kita akan mencoba memahami bagaimana sich alur atau topologi dari sebuah koneksi yang kita pergunakan. Bagaimana ilustrasinya dari kita sebagai end user hingga bisa mengakses content yang ada di internet dan menampilkannya di device yang kita pergunakan.

Saya yakin dari kita semua pasti sudah pernah menggunakan jaringan internet baik untuk akses content dalam bentuk text, gambar, video, audio, games dan yang lainnya. Namun apakah pernah terlintas di pikiran dan di benak kita sebenarnya bagaimana jalur atau proses mulai dari kita akses di PC/laptop/mobile phone yang kita miliki sebuah content dari servernya sehingga sampai ke PC/laptop/mobile phone yang kita miliki dan kita dapat menikmati content tersebut ? Saya yakin ada sebagian dari kita yang memikirkan hal tersebut namun lebih banyak dari kita yang berbendapat yaitu "yang penting content yang saya cari dapat".

Dalam kesempatan ini kita akan mencoba memberi sedikit gambaran yang sangat basic dari proses tersebut dengan menggunakan sebuah topologi jaringan sederhana untuk mempermudah kita memhaminya. Eh iya apa sich itu topology jaringan? Topology jaringan ini bahasa mudahnya yaitu bagan dari sebuah infrakstruktur jaringan sehingga kita bisa melihat dan menganalisa jalur dari sebuah jaringan melewati perangkat mana saja dan media apa saja. Topology jaringan ini sangat berguna bagi seorang network administrator.
Sebelum kita memulai pembahasannya mungkin ada bagusnya kita perhatikan dan pahami bagan yang saya buat di bawah ini untuk lebih memudahkan pemahaman:

Topology Sederhana Koneksi Internet
Topology jaringan sederhana

Penjelasan Topology

Secara topologi di atas terdiri dari beberapa Bagian yaitu :

  1. PC/Laptop/Mobile Phone yang dipakai oleh si end user untuk mengakses sebuah atau lebih content dari Internet
  2. Media, kabel UTP/signal wireless yang berfungsi sebagai media transport koneksi ke devise user,
  3. HUB/Switch ini berfungsi untuk membagi beberapa jaringan ke beberapa device user yang menggunakan media kabel
  4. RJ45 ini berfungsi untuk konektor yang menggunakan media kabel
  5. LAN Card/WLan Card ini berfungsi sebagai media transport penghubung,
  6. Router. Dalam penggunakan router ini tergantung management delevery sebuah network oleh si ISP tersebut ke clientnya.

Fungsi router itu sendiri sangat banyak dan salah satunya yaitu : Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Untuk ini akan kita bahas dipembahasan berikutnya.

  1. ISP, ISP ini adalah singkatan dari Internet Service Provider yang mana fungsi utamanya yaitu untuk memberi Layanan akses internet kepada pelanggan yang membutuhannya dan memiliki izin dan infrastruktur sendiri dalam penyebaran konesi tersebut.
  2. Operator upstream, ini mirip dengan ISP namun lebih tinggi di atasnya, jadi sebuah ISP akan menyewa port atau koneksi ke operator upstream ini.
  3. Internet, Internet di sini adalah jaringan yang sangat luas yang menghubungkan satu node ke node yang lain, dari satu kota ke kota lain, dari satu negara ke negara lain, dari satu benua ke benua lain sehingga seluruh jaringan internet di Dunia ini bisa saling berkomunikasi dengan baik.
  4. Beberapa Server penyedia content yang tersedia di Internet seperti contoh : www.google.com, www.youtube.com, www.facebook.com, www.detik.com, www.kompas.com, www.yahoo.com, twitter.com, www.instagram.com dan server2 lainnya penyedia content di internet.
  5. IP Address. IP Address ini merupakan alamat uniq suatu host yang mana IP Address ini hanya dimiliki oleh satu perangkat. IP Address ini jika kita sederhanakan dan jika kita bawa dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu merupakan alamat lengkap sebuah rumah. IP Address ini ada IPv4 address dan IPv6 addresses.
  6. DNS. DNS ini sendiri merupakan suatu service yang berfungsi meresolv suatu IP ke Domain dan Domain ke IP.
  7. Domain. Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP. Contohnya kita akan lebih mudah mengingat facebook.com dibanding dengan 173.252.110.27.
  8. Bandwidth, bandwidth adalah satuan besaran yang diperguanakan untuk transfer content dari server ke pengakses atau sebaliknya.
  9. Perangkat hardware atau infratruktur lain yang dibutuhkan dan juga software atau system lain yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah system untuk melakukan pelayanan dan request dari user ke server content.

Proses request dari user to Server

Setelah kita mengetahui faktor-faktor penting pendukung di atas sekarang kita akan mencoba membahas bagaimana prosesnya dari si user merequest content sampai si server mereply request tersebut dan diberikan ke si user sesuai content yang direquest untuk ditampilkan.

Proses request dan respon dari request :

  1. Dari sisi user A harus membutuhkan sebuah interface atau perangkat yang dipergunakan untuk melakukan request yaitu seperti PC/laptop/mobile phone/tablet dll.
  2. Di device atau perangkat yang dipergunakan oleh si user A ini harus dilakukan konfigurasi jaringan agar bisa terkoneksi ke internet sesuai konfigurasi yang di dapat dari ISP seperti IP address, Netmask dan DNS.
  3. Setelah konfigurasi jaringan selesai maka di device atau perangkat yang digunakan si user A ini juga harus menginstall aplikasi browser yang berfungsi untuk media request ke server nantinya (dalam hal ini content berbasis web).
  4. Setelah pada point 1 sampai point 3 selesai saatnya si user A melakukan test koneksi apakah sudah berjalan dengan baik jika belum silahkan dicek kembali settingannya atau minta bantuain teknis ISP.
  5. Jika semuanya berjalan normal saatnya kita melakukan request. Buka browser yang telah kita install tadi kemudian ketik alamat server yang ingin kita akses kontentnya dalam hal ini kita mencoba akses facebook dengan mengetik www.facebook.com.
  6. Sesaat seketika setelah kita ketika www.facebook.com dan kita tekan tombol enter, maka server DNS yang kita pakai tadi akan melakukan resolv domain apakah domain yang barusan kita ketik di browser tadi tersedia atau memiliki IP atau tidak. Jika tidak ditemukan dalam arti tidak bisa diresolv ke IP maka akan dimunculkan di halaman browser kita tadi bahwasanya domain yang kita akses tidak tersedia. Namun jika domain yang kita akses tadi tersedia dan bisa diresolv ke IP maka DNS server akan melanjutkan request kita ke router di atas kita.
  7. Kemudian jika dalam hal ini kita ada pakai proxy server maka router akan meneruskan request kita terhadap proxy. Jika content yang kita akses tersedia atau telah dicache oleh si proxy server maka proxy server akan merespon request tersebut dan memberikannya ke router baru router memberikannya ke si user A maka dibrowser si A akan muncul tampilan www.facebook.com. Namun jika belum ada dicache oleh si proxy server maka request tadi akan diteruskan oleh si proxy server ke jaringan di atasnya sampai menuju servernya si www.facebook.com. Setelah request sampai di server www.facebook.com maka si server akan melakukan pengecekan dulu apakah yang di request si user A tersedia atau tidak. Jika tidak tersedia, maka si server www.facebook.com akan merespon dan mengatakan "yang anda minta tidak tersedia" dan respon ini akan dikirim balik dan jalurnya sesuai jalur yang dilalui saat permintaan tadi. Namun jika datanya tersedia maka si server www.facebook.com juga akan merespon dengan mengirimkan kembali data atau content yang direquest sesuai jalur yang dilewati saat melakukan request tadi dan akhirnya tampilan www.facebook.com akan muncul di perangkat si user A melalui media browser.
  8. Waktu yang dibutuhkan. Untuk waktu yang dibutuhkan dari user A menuju ke suatu host atau server dan sebaliknya dari suatu host atau server menuju ke user A ini tergantung kulitas dari koneksi yang dilalui yaitu :

8a). Kualitas koneksi dari user A ke ISP,
8b). Kualitas koneksi antar link local atau link BTS ISP,
8c). Kualitas koneksi dari ISP ke Operator di atasnya,
8d). Kualitas koneksi dari Operator upstream ke jaringan Internet,
8e). Kualitas koneksi yang dimiliki oleh si empunya server dalam hal ini koneksi server www.facebook.com,
8f). Kualitas server atau router dan system yang dimiliki setiap node atau host untuk melayani request dan memberi respon,
8g). Kualitas server atau router dan system yang dimiliki server www.facebook.com dalam melayani, memproses dan merespon setiap request yang ada,
8h). Kualitas perangkat atau media yang dilalui dan juga bandwidth yang digunakan/tersedia.

Fungsi memahami Topology Jaringan

Apa sich fungsi mengetahui sebuah topology jaringan dan kenapa kita harus memahaminya? Alasannya cukup simple, yaitu untuk membantu kita troubleshoot dan menganalisa sebuah masalah ketika kita mengalami issue dalam koneksi internet. Sehingga kita punya data dalam bertinda tanpa hanya berasumsi.

andr3 reborn

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.