Tutorial Install Let’s Encrypt Virtualmin

Tutorial Install Let's Encrypt Virtualmin

Tutorial Install Let's Encrypt Virtualmin - Kita lanjut untuk tutorial virtualminnya, sekarang kita masuk ke tahap berikutnya yaitu tutorial tentang install Let's Encrypt Virtualmin. Jika sebelumnya kita sudah berhasil Install Virtualmin Centos 7Install Multiple PHP Versions Virtualmin, lalu Change Default Web Server Apache to Nginx Virtualmin dan Change Default MySQL Database to MariaDB Virtualmin maka sekarang kita pasangkan SSLnya dengan menggunakan Let's Encrypt.

Sebagaimana kita ketahui salah satu raksasa teknologi dan search engine yaitu google sangat merekomendasikan untuk setiap web menggunakan https/ssl. Nah pada kesempatan ini kita mencoba membahas bagaimana menjalakan SSL pada sebuah web yang berjalan di panel virtualmin dengan menggunakan Let's Encrypt.

Secara bawaan sebenarnya Let's Encrypt modulenya sudah ada bawaan dari panel virtualmin sehingga hal ini sangat memudahkan kita untuk mengaktifkannya. Cara detailsnya sebagai berikut ini:

0. Login ke panel virtualmin anda,

1. Setelah login, pilih dan click tab menu virtualmin, kemudian pilih dan click virtual server (vhost) yang ingin diaktifkan SSLnya,

2. Setelah itu pilih dan click menu Server Configuratin----->>Manage SSL Certificate, setelah itu pilih dan click tab Let's Encrypt dan kemudian pilih dan click tombol Request Certificate:
Tutorial Install Let's Encrypt Virtualmin

Tunggu hingga selesai prosesnya :
Tutorial Install Let's Encrypt Virtualmin

Jika sudah berhasil maka tampilannya seperti berikut ini:
Tutorial Install Let's Encrypt Virtualmin

Tutorial Install Let's Encrypt Virtualmin

File certnya di simpan di sini : /home/user-domain/ssl.cert dan /home/user-domain/ssl.key

Noted : Jika mengalami error seperti gambar di bawah saat proses request cert maka hal ini hanya terjadi di versi sebelumnya karena LE ada update TOS mereka, diversi terbaru sudah difix, jadi solusi cepat saya kemarin dari pada harus edit-edit yaitu dengan cara file acme_tiny.py yang lama saya hapus lalu upload ulang file acme_tiny.py dari paket terbarunya.

Tutorial Install Let's Encrypt Virtualmin

4. Menerapkan cert

Jika ingin menerapkan cert ke postfix atau ftp misalnya maka cukup click tombol copy yang sudah disediakan, seperti gambar berikut ini:

Tutorial Install Let's Encrypt Virtualmin

Sekian tutorial sederhana install Let's Encrypt di panel virtualmin, selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.