Tutorial Login Page Hotspot Dengan HTTPS

Tutorial Login Page Hotspot Dengan HTTPS

Setelah sekian lama fokum nulis baik itu tutorial, cerita atau hal lainnya akhirnya pada hari ini senin 09/09/2019 pukul 20:00 wib w menyempatkan diri untuk membuat sebuah coretan. Pada tutorial kali ini w akan mencoba bahas tentang bagaimana sich agar sebuah login page hotspot pada mikrotik router support https yang pada umumnya hanya http.

Tapi sebelum w lanjut w ingin curhat dulu, Ahahahaha

Serius hari ini w kesal banget dan campur dengan kekhawatiran dan kehampaan, ah intinya sich sunyi

Back to topic,

Sebagaimana kita ketahui sang raksasa search engine beberapa tahun silam membuat satu kebijakan terkait keutamaan website dengan https dibanding dengan non-https. Sehingga pada era ini semua web berlomba-lomba agar webnya support https dan salah satu yang hadir untuk mendukung itu adalah Let's Encrypt.

Berdasarkan hal tersebut memunculkan satu issue buat administrator jaringan khususnya yang menggunakan system hotspot. Yangmana ketika seseorang ingin terkoneksi ke wifi dengan system hotspot sering mengalami kendala dalam menampilkan login page yaitu akan muncul error atau warning ketika mengakses sebuah website untuk diarahkan ke login page hotspot. Untuk menghadapi dan mensolusikan issue tersebut maka perlu sedikit beberapa penyesuaian konfigurasi yaitu dengan mengaktifkan https untuk login hotspotnya.

Tutorial Login Page Hotspot Dengan HTTPS

Untuk melakukan hal ini tentu kita butuh beberapa hal yaitu :

  1. Ssl certificate, di sini penulis menggunakan Comodo PositiveSSL,
  2. Domain atau subdomain yang nantinya akan kita validasi cert sslnya,
  3. Router hotspot yang sudah aktif hotspot dan login pagenya,

**disclaimer : Di sini w ga akan bahas bagaimana setting router hotspot, bagaimana proses order Comodo PositiveSSL, bagaimana buat subdomain atau arahkan A record, w hanya fokus bagaimana agar login page hotspot support https

Sepertinya pikiran w sedang kacau, w sudah berusaha untuk melanjut namun sangat berat, w benar2 ga mampu lanjutnya, fikiran w benar-benar kacau, entahlah entah apa yang terjadi, yang pasti fikiran w sedang tidak tenang, semoga besok w bisa lanjut selesaikan, Insya Allah

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.