Waspadai Muntah yang Berbahaya Bagi Anak

Waspadai Muntah yang Berbahaya Bagi Anak - Bagi seorang ibu anak merupakan kebahagiaan yang tak terukur nilainya, dan apabila anak sakit pastilah kebahagiaan itu akan hilang berubah menjadi rasa cemas dan khawatir. Anak - anak memang sangat rentan terkena berbagai macam masalah kesehatan maka dari itu ibulah yang seharusnya tau dan cermat dalam memahami kondisi anaknya. Banyak sekali seorang ibu dibuat takut ketika anaknya tiba - tiba muntah, ibu harus cari tau penyebab muntah anak dan kenali berbagai jenis muntah, apakah itu hanya muntah biasa atau ada yang aneh dengan muntah anak . Dikarenakan ada beberapa muntah yang terjadi pada anak dan itu bisa membahayakan nyawanya. Maka jadilah ibu tyang bijak ibu yang terbaik bagi anaknya dan jadilah ibu yang pintar yang selalu memantau apapun yang terjadi pada buah hatinya, dan sebagai tambahan ilmu bagi ibu bahwa ada ciri - ciri muntah yang berbahaya bagi anak seperti jenis muntah berikut:

  1. Muntah disertai diare.

Sebaiknya ibu perlu membawa buah hati ibu ke dokter jika mengalami  muntah yang dibarengi dengan diare. Jika anak terus memuntahkan apa yang telah masuk kedalam perutnya dan juga sertai buang air besar secara terus menerus maka sianak bisa banyak kehilangan cairan tubuhnya atau yang lebih dikenal dengan sebutan dehidrasi. Tanda anak anda terkena dehidrasi adalah mata cekung, bibir kering, wajah tak bergairah dan lesu.

  1. Muntah berwarna tidak wajar.

Biasanya jika anak muntah dia akan memuntahkan apa yang telah ia makan dan tentunya ibu dapat memahami apa yang telah dimuntahkan sianak dan jika ibu mendapati muntah yang berwarna aneh tak seperti warna muntah biasanya maka perlu untuk segera membawa sikecil pada dokter. Jika muntah anak berwarna merah terang atau merah gelap itu tandanya muntah anak menagandung darah itu bisa terjadi karena adanya iritasi pada saluran pencernaan, dan jika muntahnya berwarna hijau terang itu berarti ada masalah pada empedu anak.

  1. Muntah setelah anak terjatuh.

Perhatikanlah ketika anak anda terjatuh apakah dia merasa mual dan ingin muntah, ketika terjadi benturan terutama di bagian kepala dan perut dan setelah itu sianak langsung muntah maka jangan ragu lagi untuk secepatnya membawa anak anda ke dokter dikarenakan muntah setelah adanya benturan bisa menandakan masalah serius seperti gegar otak ataupun masalah di bagian organ pencernaannya.

  1. Muntah disertai sakit perut dan demam.

Ketika anak muntah dan mengeluhkan bahwa perutnya sakit kemudian demam, sebaiknya bergegaslah ke dokter karena itu bisa menjadi gejala anak anda terkena radang usus buntu. Dan perlu ibu waspadai bahwa radang usus buntu muntahnya tidak disertai diare, jika diketahui adanya diare maka ada gangguan lain dalam sistem pencernaannya.

  1. Muntah saat bangun tidur pagi hari.

Selalu disarankan untuk membawa anak ke dokter bila sudah terjadi muntah, karena dokter biasanya lebih tau dalam memberikan penanganan yang tepat sesuai gejala yang ditemukan. Saat anak muntah setelah bangun tidur disertai sakit kepala mungkin itu adalah gejala Migrain dan meningitis.

Itulah beberapa muntah yang berbahaya bagi anak, dan jangan sepelekan jika anak muntah dengan gejala lainnya ya bu, karena terkadang kita tidak mengetahui apa yang sedang terjadi pada kondisi anak,sebaiknya selalu berkonsultasi pada dokter agar bisa lebih jelas hasilnya.